Like Us

proposal bisnisku

Posted by


PORPOSAL BISNIS TENTANG
Lembaga Pendidikan
INKUBATOR JUNIOR IT
(ILMU TECHNOLOGI)







“Usaha Yang Di Jalankan Dengan Sungguh-Sungguh Akan Menghasilkan
Suatu Hasil Yang Memuaskan”
DAFTAR ISI




BAB 1. 3
I.       PENDAHULUAN.. 3
I.I      Kata Pengantar. 3
I.II         LATAR BELAKANG.. 4
I.III        RUMUSAN MASALAH.. 4
I.IV        BATASAN MASALAH.. 4
I.V         TUJUAN.. 5
I.VI        HASIL YANG DIHARAPKAN.. 5
BAB 2. 6
II.      ISI 6
II.I         PROFIL USAHA.. 6
II.II        JASA YANG KAMI TERIMA.. 6
II.III       ANALISIS SWOT. 7
II.IV      TEKNIS PEKERJAAN.. 8
II.IV      SISTEM PEMASARAN.. 9
II.VI      PEKERJA.. 10
II.VI      BIAYA PENDAFTARAN.. 10
BAB III 11
III.         ASPEK KEUANGAN.. 11
III.I        LAPORAN KEUANGAN.. 11




BAB 1

                                                                                                                                    I.            PENDAHULUAN


I.I      Kata Pengantar


Dalam beberapa tahun terakhir ini, perteknologian telah berkembang dengan sedemikian pesat. Kemudian perkembangan ini telah banyak menciptakan kreasi di dunia ini seperti membuat sebuah film, membuat animasi dan sebagainya dengan kita memanfaatkan teknologi yang ada di masa kini. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut, maka diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang memahami akan konsep perteknologian secara profesional, sebab dengan kemampuan tersebut diharapkan bagi animator, programmer, dan para pengedit video tidak hanya memberi keuntungan untuk diri pribadi tetapi bisa membangkitkan bangsa Indonesia dengan kreasinya.
Kami sebagai anak IT yang mempunyai potensi cukup besar dalam bidang tersebut, memiliki konsep terhadap pembangunan masyarakat melalui konsep pendidikan INKUBATOR JUNIOR IT yang artinya yaitu lembaga yang memberikan suatu program yang didesain untuk membina dan mempercepat keberhasilan suatu insan sejak dini tentang ILMU TECHNOLOGI.


Muhammad Fajar Shiddiq,




I.II     LATAR BELAKANG


Pendidikan merupakan wahana yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang merupakan faktor determinan pembangunan. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang (UU SPN No. 20 Tahun 2003).
Dikaitkan dengan perkembangan Teknologi saat ini yang sangat pesat, Apalagi Indonesia dan sembilan negara anggota ASEAN lainnya telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC). Tentu bukan hal mudah untuk bersaing dengan kesembilan negara tersebut, Kecuali kita punya skill,q salah satunya skill dalam bidang teknologi.
Kami sebagai anak IT ingin sekali meningkatkan SDM ( Sumber Daya Manusia ) Khususnya masyarakat Cirebon dan Umumnya masyarakat Indonesia melalui lembaga pendidikan INKUBATOR JUNIOR IT yang kami gagas ini.

I.III    RUMUSAN MASALAH


1.      Apa saja kendala yang dihadapi ?
2.      Bagaimana cara pemasarannya ?
3.      Pesaing di sekitar ? Dan peluang pasar nya ?
4.      Analisis SWOT ?

I.IV   BATASAN MASALAH


Dalam makalah ini kami hanya membahas mengenai kendala, sistem pemasaran, pesaing, peluang, analisis SWOT dan cara meningkatkan usaha ini.



I.V     TUJUAN


Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Cirebon Khusunya dalam hal IT, misal ;
·            Dalam pengoprasian komputer,
·            Dalam Perawatan komputer,
·            Dalam hal animasi, design dan,
·            Dalam hal program.

I.VI   HASIL YANG DIHARAPKAN


1.        Peserta mengerti tentang pengoprasian komputer.
2.        Peserta mengerti tentang perawatan komputer.
3.        Peserta mengerti bagaimana cara memperbaiki komputer.
4.        Peserta mampu membuat animasi, dan design.
5.        Peserta mampu membuat program.
6.        Peserta mengerti masalah jaringan.


7.         

BAB 2

                                                                                                                                                                    II.       ISI


II.I     PROFIL USAHA


Kenapa saya bisa mempunyai ide bisnis seperti ini ? alasan nya sederhana, yakni saya ingin menghasikan uang dengan cara saya sendiri, itu yang utama. Selanjutnya alasan saya ialah apa yang bisa saya manfaatkan untuk menghasilkan sebuah usaha yang baik ?, saya punya kemampuan ( SKILL ) dalam hal IT, ya saya harus manfaatkan SKILL saya dengan sebaik mungkin. Dan alasan saya yang terakhir ialah meningkatkan SDM khususnya di Cirebon. Saya yakin usaha yang dijalankan dengan sungguh – sungguh akan menghasilkan hasil yang sempurna.
Mengapa saya memberi nama usaha saya Inkubator Junior IT ? karna sasaran saya ialah memberi arahan kepada para junior yang nanti kelak menjadi senior agar mempunyai suatu keahlian dalam bidang IT, tetapi tidak berarti yang sudah dewasa tidak boleh, cuman yang saya targetkan ialah anak – anak tingkat SD kelas 3,4, dan seterusnya. Kenapa ? karena anak – anak seumur itu biasanya sudah mengenal yang nama nya game Online, Internet dan sebagainya, kenapa tidak kita arahkan kepada hal yang lebih bermanfaat seperti belajar mendesign, belajar animasi dan sebagainya. Karena anak yang berumur kelas 3, 4 SD itu mereka berada dalam tahap operasional konkret, dengan demikian dalam memberikan materi pelajaran, guru diharapkan lebih menitik beratkan pada alat peraga atau media yang lebih bersifat konkret dan logis, Menurut teori Piaget. Oleh karena itu harapan saya besar sekali untuk memajukan tingkat SKILL SDM dari Junior.

II.II    JASA YANG KAMI TERIMA


·         Jasa pelatihan pengoprasian komputer,
·         Jasa pelatihan perawatan komputer,
·         Jasa pelatihan animasi dasar,
·         Jasa pelatihan design dasar,
·         Jasa pelatihan program dasar,
·         Jasa pelatihan jaringan dasar.

II.III   ANALISIS SWOT


Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths (Kelebihan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman). Untuk menganalisis SWOT dalam penelitian ini akan dibandingkan dengan bisnis Inkubator Junior IT.
A.    STRENGTH (KELEBIHAN)
Bisnis ini jika dikaitkan dengan nilai agama sungguh mulia karena orang yang berbagi ilmu yang bermanfaat itu pahalanya sungguh luar biasa. Jika dikaitkan dengan duniawi pun sama kita dapat meningkatkan skill SDM disekitar kita dan itu suatu kebanggaan bagi negara yang memiliki SDM yang mempunyai keahlian.
Dalam lembaga yang saya gagas ini, saya mempunyai target yang saya beri nama FIVE MONTH FOR STUDY, yakni :
·         5 bulan mereka bisa memahami pengoprasian dan perawatan pada komputer.
·         5 bulan mereka bisa memahami animasi dasar.
·         5 bulan mereka bisa memahami design dasar.
·         5 bulan mereka bisa memahami program dasar.
·         5 bulan mereka bisa memahami teknik jaringan dasar.

B.     WEAKNESS (KELEMAHAN)
Kita belum punya kelegalisasian dari pemerintah, karena saya berfikir, kita harus bertindak dulu hingga mendapatkan hasil yang memuaskan baru kita minta kelegalan dari pemerintah dan diakui oleh Negara.
C.     OPPORTUNITY (PELUANG)
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, kewirausahaan ini masih memiliki peluang yang cukup besar. Apalagi dengan harga yang tidak terlalu mahal.

D.    THREATS (ANCAMAN)
Bisa dikatakan ancaman atau pesaing dari bisnis ini belum begitu banyak dikarenakan yang menjalankan ide seperti ini belum begitu banyak. Sehingga peluang usaha ini sangat prospek.
Selain itu ancaman internalnya ialah, alat praktik yang mudah rusak jika salah digunakan, alat praktik yang hilang, dsb.

II.IV  TEKNIS PEKERJAAN


                                Jasa yang kami jual ini mempunyai 2 teknis, yaitu :

1.                  Bisa Ditempat Lembaga
Maksudya ialah anda bisa melaksanakan kursus ini ditempat lembaga yang disediakan. Tentu dengan fasilitas yang sudah tersedia.
2.                   Bisa Diluar Tempat Lembaga
Maksudnya ialah anda bisa melaksanakan kursus ini dirumah, sekolah yang ingin bekerjasama.
                       

II.IV  SISTEM PEMASARAN


Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan, produk, nilai, biaya dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan,  pasar,  pemasaran dan pemasar.
Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga jasa kami cocok dengannya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah bagaimana membuat jasanya tersedia. Sedangkan proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.
Untuk itu, dengan Jasa seperti yang kami jual ini kami memasarkannya di kalangan sekolah – sekolah, lembaga pendidikan, lembaga pelatihan yang ingin bekerjasama dsb.

  Media Promosi yang akan digunakan

Media-media promosi yang akan digunakan melalui:
a. Brosur
            Membuat brosur yang berisi berisi tentang beberapa jasa yang kami jual.
b. Buletin dan Majalah
            Kerjasama dengan buletin  lembaga pendidikan.
c. Manusia
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai bisnis yang dijalankannya.
d. internet
menggunakan media internet seperti: blog, dan social network.

II.VI  PEKERJA


Pemilik Usaha( Direktur Utama )       : Muhammad Fajar Shiddiq
CEO ( Chief Executive Officer )        : Muhammad Fajar Shiddiq
CMO ( Chief Marketing Officer )      : -
Bagian design & Print out                  : -
Pemasaran                                           : Lisma Audina


II.VI  BIAYA PENDAFTARAN


1.      Perorangan
NO
JENIS KURSUS YANG DI AMBIL
Biaya Pendaftaran
Biaya Bulana
1
Pengoprasian dan perawatan KOMP.
200.000
75.000/bulan
2
Animasi
250.000
100.000/bulan
3
Design
250.000
100.000/bulan
4
Teknik Jaringan
300.000
150.000/bulan
5
Pemrograman
300.000
150.000/bulan
           



            Biasa nya untuk yang perorangan dalam seminggu terdiri dari 2 pertemuan, dalam sebulan terdapat 8 pertemuan, dalam 5 bulan ada 40 pertemuan, dalam 40 pertemuan itu kita target setiap anak didik dapat menguasai jenis kursus yang di ambil.
           
NO
JENIS KURSUS YANG DI AMBIL
Biaya 3 bulan
1
Pengoprasian dan perawatan KOMP.
3.500.000/200 orang
2
Animasi
4.500.000/200 orang
3
Design
4.500.000/200 orang
4
Teknik Jaringan
7.000.000/200 orang
5
Pemrograman
7.000.000/200 orang
2.      Lembaga

BAB III

                                                                                                                     III.            ASPEK KEUANGAN


III.I            LAPORAN KEUANGAN


Laporan keuangan adalah sekumpulan informasi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan sistematis yang mudah dibaca dan dipahami oleh semua pihak yang membutuhkan. Dalam proposal ini, saya akan coba mengira berapa pengeluaran saya dan berapa pemasukan saya dalam bisnis yang saya bangun ini.

·         Pengeluaran
NO
NAMA BARANG
HARGA
QTY
TOTAL HARGA
1
Komputer
Rp.  3.500.000
11
Rp. 35.000.000
2
Obeng set
Rp.     100.000
3
Rp.       300.000
3
Software – software
Rp.  2.000.000
1
Rp.   2.000.000
4
Sound 1 set
Rp.  2.000.000
1
Rp.   2.000.000
5
Kursi dan meja
Rp.     200.000
12
Rp.   2.400.000
6
Infocus
Rp.     900.000
1
Rp.      900.000
7
Sewa Tempat
Rp. 10.000.000
1
Rp. 10.000.000
8
Gaji Pegawai
Rp.   1.000.000
3
Rp.   3.000.000

TOTAL PENGELUARAN

Rp. 64.600.000

·      Pemasukan Per-Bulan
NO
JENIS KURSUS
PENGHASILAN
1
PENGOPRASIAN & PERAWATAN
Rp.    750.000
2
ANIMASI
Rp.  1.500.000
3
DESIGN
Rp.  1.500.000
4
TEKNIK JARINGAN
Rp.  1.500.000
5
PEMROGRAMAN
Rp.  1.500.000



Blog, Updated at: April 20, 2015

0 comments:

Post a Comment

Socialize