DAFTAR ISI
BAB 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Era modern perdagangan saat ini sedang berkembang pesat. Salah satu
tantangan bangsa saat ini adalah bagaimana meningkatkan nilai tambah hasil
usaha industri dapat menjadi penentu dan pendorong pertumbuhan ekonomi di
setiap daerah. Pertumbuhan dan perkembangan industri yang begitu pesat
memunculkan berbagai ragam dan bentuk industri yang ada, baik industri yang
berskala besar ataupun yang berskala kecil, masing-masing industri berusaha
untuk meningkatkan produktifitas, adanya berbagai ragam industri tersebut
menuntut masing-masing dari industri agar mampu bersaing dan mempertahankan
industrinya tetap eksis.
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam
menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang
dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi,
pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi
dan konsumsi. Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia
memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan
cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran juga diartikan suatu
usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Pemasaran yang berusaha
mempengaruhi perilaku konsumen terletak pada premis konsumen adalah raja,
motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian, perilaku
konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasive yang menanggapi konsumen
secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu serta
pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara social asalkan
pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya
manipulasi.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka kami tertarik untuk mengkaji lebih
dalam lagi tentang sistem pembukuan yang digunakan oleh hasil usaha sablon
menggunakan mesin press.
2. Rumusan Masalah
2.1
Apa saja kendala yang dihadapi?
2.2
Bagaimana sistem pemasarannya?
2.3
Pesaing di sekitar dan peluang pasar?
3. Batasan Masalah
Dalam makalah
ini kami hanya membahas mengenai kendala, sistem pemasaran, pesaing dan cara
meningkatkan usaha ini.
4. Tujuan
4.1
Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi.
4.2
Untuk mengetahui sistem pemasarannya.
4.3
Untuk mengetahui pesaing di sekitar.
BAB II
ISI
1. Profil Usaha
Usaha design
ini berawal dari pemikiran sederhana yang awalnya bagaimana cara kita dapat
menghasilkan uang. Namun kami memiliki ide untuk membuat usaha dengan modal
yang kita punya terlebih dahulu, seperi laptop, printer dsb, agar kita tidak
mengeluarkan banyak modal.
2. Produk Usaha
Tujuan usaha yang hendak dicapai
yaitu:
1.
Design Kartu Nama
2.
Design Kartu Osis/Mahasiswa
3.
Design Baju
4.
Design Undangan
5.
Design Brosur
6.
Design Buku Kenangan dsb.
Dilihat dari judulnya saja kita sudah bisa
menerjemahkannya sendiri, bahwa kita bisa memesan design apa saja, dan jenis
apa saja.
3. Sistem Pemasaran
Pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok
mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan
bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada
konsep inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan, produk, nilai, biaya
dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan, pasar, pemasaran
dan pemasar.
Adapun
tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa
sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya
pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah
bagaimana membuat produknya tersedia. Sedangkan proses pemasaran terdiri dari
analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi
pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta
mengawasi usaha pemasaran.
Untuk itu,
dengan produk-produk seperti yang kami jual ini kami memasarkannya di kalangan sekolah
– sekolah, Perusahaan, PT / CV dsb.
4. Hambatan Usaha
Tentunya
selama menjalankan usaha ini pasti ada hambatan-hambatan yang sering kami hadapi.
Hambatan-hambatan tersebut antara lain:
·
Tidak adanya waktu karena dipergunakan untuk
kuliah dan mengerjakan tugas.
·
Harga bahan baku yang cukup mahal
·
Harga jenis kertas yang kadang mahal.
5. Pesaing & Peluang Pasar
5.1 Pesaing
Bisa dikatakan
pesaing dari bisnis ini belum begitu banyak dikarenakan yang bisa menggunakan digital
printing belum begitu banyak. Sehingga peluang usaha ini sangat prospek.
5.2 Peluang Pasar
Melihat hasil
analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, kewirausahaan
ini masih memiliki peluang yang cukup besar.
5.3 Media Promosi yang akan digunakan
Media-media promosi yang akan digunakan
melalui:
a. Brosur
Membuat brosur yang berisi
berisi tentang beberapa contoh design yang sudah disablon.
b. Buletin dan Majalah
Kerjasama dengan
buletin kampus dan yang lainnya untuk mempromosikan.
c. Seminar atau Event
Bekerjasama atau menjadi sponsor
suatu kegiatan seperti; Seminar, Talkshow, Diskusi dan juga ikut serta dalam
pameran.
d. Manusia
Menggunakan teknik word of mouth
(mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha
yang dijalankannya.
e. internet
menggunakan media internet seperti:
blog, dan social network.
6. Pekerja
Pemilik
modal ( Direktur Utama ) : Muhammad Fajar Shiddiq
CEO ( Chief Executive Officer ) : Muhammad Irfan
CMO ( Chief Marketing Officer ) : Muhammad Irfan
Bagian design &
Print out : Muhammad
Fajar Shiddiq & M irfan
Pemasaran :
Lisma Audina
Nurhafni
BAB III
ASPEK KEUANGAN
1. Laporan Keuangan
Laporan
keuangan adalah sekumpulan informasi keuangan perusahaan dalam suatu periode
tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan sistematis yang mudah dibaca dan
dipahami oleh semua pihak yang membutuhkan. Dalam makalah ini, kelompok kami
akan membahas mengenai laporan yang kita kerjakan di Project SMAN 1 Kuningan
tentang pembuatan kartu OSIS dan buku Kenangan.
Bahan yang dibeli
|
Qty
|
Debit
|
Kredit
|
Saldo
|
Kertas ID card
|
10 box x 100
|
-
|
4.700.000
|
-4.700.000
|
Printer
|
2
|
-
|
1.100.000
|
-5.800.000
|
Mesin Pemotong Kertas
|
2
|
-
|
180.000
|
-5.980.000
|
Kertas DC
|
100 x 30
|
-
|
1.600.000
|
-7.580.000
|
Mesin Pembolong
|
2
|
-
|
200.000
|
-7.780.000
|
Tnta Printer
|
2 set
|
-
|
160.000
|
-7.940.000
|
Mesin ID card
|
2
|
-
|
700.000
|
-8.640.000
|
Mesin Laminating
|
1
|
-
|
550.000
|
-9.190.000
|
-9.190.000
|
Pemesanan
|
Qty
|
Debit
|
Kredit
|
Saldo
|
Kartu OSIS & PERPUS
|
900 pcs
|
900 x 10000
|
-
|
9.000.000
|
Buku kenangan
|
350 pcs
|
350 x 20.000
|
-
|
7.000.000
|
TOTAL
|
16.000.000
|
UNTUNG :
16.000.000 – 9.190.000 = 6.810.000
BAB 4
KESIMPULAN
Untuk mengimbangi negara yang
semakin berkembang dalam bidang apapun, terutama Design, tentunya kita harus
punya suatu gagasan yang innovatif, kreatif, dan bisa memasarkannya dan yang
lebih penting kita harus punya suatu gagasan yang kedepannya dapat di pertanggung
jawabkan.
Kesimpulan dari makalah enterpreneurship tentang
makalah Design ini ialah bisnis ini sangat prospek kedepannya, karena belum
banyak orang yang menggunakan teknologi seperti ini. Apalagi kita mempunyai
kreatifitas yang tinggi. Dan penghasilannya pun tidak terlalu kecil bagi
kantong seorang pelajar seperti kami.
Terimakasih kepada yang membentu menyelesaikan makalah
ini, kami mengakui bahwa makalah ini belum sempurna, maka dari itu kmai sangat
terbuka pada anda yang memberi saran untuk membangun makalah ini menjadi
semakin baik. TERIMAKASIH.
0 comments:
Post a Comment