Like Us

PROPOSAL USAHA BIDANG DESIGN

Posted by



DAFTAR ISI






 BAB 1

PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang


Era modern perdagangan saat ini sedang  berkembang pesat. Salah satu tantangan bangsa saat ini adalah bagaimana meningkatkan nilai tambah hasil usaha industri  dapat menjadi penentu dan pendorong pertumbuhan ekonomi di setiap daerah. Pertumbuhan dan perkembangan industri yang begitu pesat memunculkan berbagai ragam dan bentuk industri yang ada, baik industri yang berskala besar ataupun yang berskala kecil, masing-masing industri berusaha untuk meningkatkan produktifitas, adanya berbagai ragam industri tersebut menuntut masing-masing dari industri agar mampu bersaing dan mempertahankan industrinya tetap eksis.
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Pemasaran yang berusaha mempengaruhi perilaku konsumen terletak pada premis konsumen adalah raja, motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian, perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasive yang menanggapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu serta pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara social asalkan pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka kami tertarik untuk mengkaji lebih dalam lagi tentang sistem pembukuan yang digunakan oleh hasil usaha sablon menggunakan mesin press.

2.      Rumusan Masalah


2.1    Apa saja kendala yang dihadapi?
2.2    Bagaimana sistem pemasarannya?
2.3    Pesaing di sekitar dan peluang pasar?

3.      Batasan Masalah


Dalam makalah ini kami hanya membahas mengenai kendala, sistem pemasaran, pesaing dan cara meningkatkan usaha ini.

4.      Tujuan


4.1    Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi.
4.2    Untuk mengetahui sistem pemasarannya.
4.3    Untuk mengetahui pesaing di sekitar.




BAB II

ISI


1.      Profil Usaha


Usaha design ini berawal dari pemikiran sederhana yang awalnya bagaimana cara kita dapat menghasilkan uang. Namun kami memiliki ide untuk membuat usaha dengan modal yang kita punya terlebih dahulu, seperi laptop, printer dsb, agar kita tidak mengeluarkan banyak modal.

2.      Produk Usaha


Tujuan usaha yang hendak dicapai yaitu:
1.      Design Kartu Nama
2.      Design Kartu Osis/Mahasiswa
3.      Design Baju
4.      Design Undangan
5.      Design Brosur
6.      Design Buku Kenangan dsb.
Dilihat dari judulnya saja kita sudah bisa menerjemahkannya sendiri, bahwa kita bisa memesan design apa saja, dan jenis apa saja.



3.      Sistem Pemasaran


Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan, produk, nilai, biaya dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan,  pasar,  pemasaran dan pemasar.
Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah bagaimana membuat produknya tersedia. Sedangkan proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.
Untuk itu, dengan produk-produk seperti yang kami jual ini kami memasarkannya di kalangan sekolah – sekolah, Perusahaan, PT / CV dsb. 

4.      Hambatan Usaha


Tentunya selama menjalankan usaha ini pasti ada hambatan-hambatan yang sering kami hadapi.  Hambatan-hambatan tersebut antara lain:
·         Tidak adanya waktu karena dipergunakan untuk kuliah dan mengerjakan tugas.
·         Harga bahan baku yang cukup mahal
·         Harga jenis kertas yang kadang mahal.

5.      Pesaing & Peluang Pasar

5.1  Pesaing
Bisa dikatakan pesaing dari bisnis ini belum begitu banyak dikarenakan yang bisa menggunakan digital printing belum begitu banyak. Sehingga peluang usaha ini sangat prospek.
5.2   Peluang Pasar
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, kewirausahaan ini masih memiliki peluang yang cukup besar.
5.3   Media Promosi yang akan digunakan
Media-media promosi yang akan digunakan melalui:
a. Brosur
   Membuat brosur yang berisi berisi tentang beberapa contoh design yang sudah disablon.
b. Buletin dan Majalah
   Kerjasama dengan buletin  kampus dan yang lainnya untuk mempromosikan.
c. Seminar atau Event
Bekerjasama atau menjadi sponsor suatu kegiatan seperti; Seminar, Talkshow, Diskusi dan juga ikut serta dalam pameran.
d. Manusia
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya.
e. internet
menggunakan media internet seperti: blog, dan social network.






6.      Pekerja
Pemilik modal ( Direktur Utama )      : Muhammad Fajar Shiddiq
CEO ( Chief Executive Officer )        : Muhammad Irfan
CMO ( Chief Marketing Officer )      : Muhammad Irfan
Bagian design & Print out                  : Muhammad Fajar Shiddiq & M irfan
Pemasaran                                           : Lisma Audina
                                                              Nurhafni

 

BAB III

ASPEK KEUANGAN

1.      Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sekumpulan informasi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan sistematis yang mudah dibaca dan dipahami oleh semua pihak yang membutuhkan. Dalam makalah ini, kelompok kami akan membahas mengenai laporan yang kita kerjakan di Project SMAN 1 Kuningan tentang pembuatan kartu OSIS dan buku Kenangan.
Bahan yang dibeli
Qty
Debit
Kredit
Saldo
Kertas ID card
10 box x 100
-
4.700.000
-4.700.000
Printer
2
-
1.100.000
-5.800.000
Mesin Pemotong Kertas
2
-
180.000
-5.980.000
Kertas DC
100 x 30
-
1.600.000
-7.580.000
Mesin Pembolong
2
-
200.000
-7.780.000
Tnta Printer
2 set
-
160.000
-7.940.000
Mesin ID card
2
-
700.000
-8.640.000
Mesin Laminating
1
-
550.000
-9.190.000




-9.190.000

Pemesanan
Qty
Debit
Kredit
Saldo
Kartu OSIS & PERPUS
900 pcs
900 x 10000
-
9.000.000
Buku kenangan
350 pcs
350 x 20.000
-
7.000.000
TOTAL



16.000.000
UNTUNG : 16.000.000 – 9.190.000 = 6.810.000





BAB 4

KESIMPULAN


            Untuk mengimbangi negara yang semakin berkembang dalam bidang apapun, terutama Design, tentunya kita harus punya suatu gagasan yang innovatif, kreatif, dan bisa memasarkannya dan yang lebih penting kita harus punya suatu gagasan yang kedepannya dapat di pertanggung jawabkan.
Kesimpulan dari makalah enterpreneurship tentang makalah Design ini ialah bisnis ini sangat prospek kedepannya, karena belum banyak orang yang menggunakan teknologi seperti ini. Apalagi kita mempunyai kreatifitas yang tinggi. Dan penghasilannya pun tidak terlalu kecil bagi kantong seorang pelajar seperti kami.
Terimakasih kepada yang membentu menyelesaikan makalah ini, kami mengakui bahwa makalah ini belum sempurna, maka dari itu kmai sangat terbuka pada anda yang memberi saran untuk membangun makalah ini menjadi semakin baik. TERIMAKASIH.





Blog, Updated at: April 20, 2015

0 comments:

Post a Comment

Socialize